[Latest News][6]

Artikel menarik
Fisika
Kesehatan
Sains
Sejarah
Semua Tentang Mahasiswa
Teknologi
Tips dan trik
Tokoh
Umum

Saturday, August 20, 2016

Gugup Saat Akan Berbicara di Depan Banyak Orang ? Cobalah Tips Berikut ini!




Setiap orang pasti pernah merasakan gugup saat akan berbicara di depan banyak orang. Perasaan gugup pasti pernah kita rasakan ketika hendak berpidato, presentasi, menjadi pembawa acara atau sekedar memberi sambutan dalam suatu acara. Tak heran bila rasa gugup mulai datang, tangan kita akan terasa dingin, keringat bercucuran, pernafasan menjadi tidak teratur, tubuh terasa kaku dan bergemetar. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, saya pun selalu merasakan hal tersebut ketika hendak berbicara di depan banyak orang. Bahkan, seorang professional pun akan selalu merasakan perasaan gugup ketika hendak berbicara di depan banyak orang.
Sebelum membahas mengenai tips untuk mengatasi rasa gugup saat akan berbicara di depan publik, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab atau pemicu terjadinya rasa gugup tersebut.
Berikut adalah penyebab terjadinya rasa gugup saat akan berbicara di depan publik :

1.      Tidak Persiapan

 
Apabila kita kurang persiapan atau bahkan tidak persiapan sama sekali, maka sudah pasti kita akan merasa gugup ketika hendak berbicara di depan banyak orang. tidak persiapan sama sekali merupakan hal yang sangat fatal, terlebih lagi bagi kita yang tidak terbiasa berbicara di depan publik. salah satu penyebab kita tidak persiapan adalah malas.

2.      Tidak Terbiasa Berbicara di Depan Banyak Orang
 
“Bisa Karena Terbiasa.” Pernyataan tersebut sering kita dengar dalam keseharian. Tak ada satu orang pun yang terlahir sempurna. Justru dari ketidaksempurnaan lah kita harus belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Apabila kita tidak membiasakan diri untuk berbicara di depan publik, maka kita akan terus di selimuti oleh perasaan gugup saat hendak berbicara di depan publik.

3.      Kurang Percaya Diri
 
Rasa percaya diri merupakan aspek yang sangat penting ketika kita hendak berbicara di depan publik. Lalu, apa yang menyebabkan kita merasa kurang percaya diri saat akan berbicara di depan publik ? Tentu, tidak persiapan dan tidak terbiasa bicara di depan banyak orang merupakan salah satu faktor timbulnya rasa kurang percaya diri. Di samping itu, hal yang membuat kita kurang percaya diri adalah selalu memikirkan hal negatif yang akan terjadi ketika akan berbicara di depan publik. Takut di tertawakan oleh penonton, takut di marahi oleh penguji, dan takut rencana kita tidak akan berjalan dengan lancar. Ketiga hal tersebut kerap mengganggu pikiran kita ketika hendak berbicara di depan publik. Oleh karena itu, mulai dari sekarang singkirkan lah perasaan negatif, tapi pikirkanlah hal-hal positif.

Di ingatkan kembali, sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi rasa gugup saat akan berbicara di depan publik, tentunya, kita harus sudah mengetahui penyebabnya. Oleh karena itu, kita harus mempelajari penyebab dari rasa gugup yang muncul saat akan berbicara di depan publik yang sudah di jelaskan sebelumnya.
Meskipun kita sudah mempelajari penyebab dari rasa gugup tersebut. Kita akan selalu merasa gugup saat akan berbicara di depan publik, perasaan gugup tidak akan hilang begitu saja. Terlebih lagi jika waktu giliran kita tampil semakin dekat. Tentunya perasaan gugup akan datang secara spontan.
Berikut adalah tips untuk mengatasi rasa gugup saat akan berbicara di depan publik :

1.      Berdo'a
 
Segala sesuatu perbuatan tergantung dari niatnya. Maka, ketika kita akan berbicara di depan banyak orang, alangkah baiknya kita berdo’a terlebih dahulu. Meskipun kita sudah berusaha, tapi jika kita tidak berdo’a dalam setiap aktivitas kita maka usaha kita tidak akan maksimal.

2.      Tarik Nafas
 
Sesaat sebelum tampil, tentunya kita harus berdo’a terlebih dahulu. Setelah itu, jangan lupakan untuk menarik nafas dalam-dalam. Menarik nafas dalam-dalam merupakan hal yang sangat penting ketika kita merasa gugup saat akan berbicara di depan publik. Sebab perasaan gugup, badan kaku dan bergemetar di sebabkan oleh tidak lancarnya sirkulasi darah di dalam tubuh. Maka, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam sesaat sebelum tampil. dengan begitu, sirkulasi darah akan semakin membaik dan kembali normal. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan lewat hidung, rasakan setiap udara yang masuk kedalam tubuh anda, biarkan itu mengalir. Tahan nafas selama beberapa detik, kemudian lepaskan secara perlahan. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang.

3.      Berilah Sambutan
 
Saat sedang berbicara di hadapan banyak orang, tentunya kita tidak boleh langsung membahas mengenai inti persoalan. Pertama-tama, kita harus memberi salam terlebih dahulu kepada para audiens / tamu undangan. Setelah itu, sapa mereka dengan sambutan yang hangat. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri serta untuk mengurangi rasa gugup. Terlebih lagi, ketika kita menyapa para audiens, kita memiliki kesempatan untuk memikirkan hal selanjutnya yang akan kita bicarakan.

4.      Jelaskan Maksud dan Tujuan Anda
 
Selanjutnya adalah menjelaskan maksud dan tujuan kita berada pada acara tersebut. Sebagai pembicara, kita harus menjelaskan secara singkat terlebih dahulu maksud dan tujuan kita. Apa saja yang akan di bahas, cobalah untuk menjelaskan terlebih dahulu secara singkat poin apa saja yang akan di bahas. Dengan begitu, para audiens akan mengetahui maksud dan tujuan kita. Tentu hal tersebut juga menguntungkan bagi kita. karena ketika kita menyebutkan poin yang akan di bahas, secara tidak langsung akan memudahkan kita dalam mengingat setiap detail dari poin-poin yang akan di bahas.

5.      Untuk Anda yang Belum Terbiasa, Jangan Menatap Mata Lawan Bicara Anda Secara Langsung
 
Ketika anda bebicara di depan banyak orang, tentunya semua mata akan tertuju pada anda. bagi anda yang belum terbiasa, jangan menatap mata para audiens / penonton secara langsung. Mengapa ? karena ketika anda menatap mata lawan bicara anda, secara tidak langsung hal tersebut akan menggoyahkan rasa percaya diri anda sehingga anda akan merasa semakin gugup. Terlebih lagi jika lawan bicara anda menatap dengan tatapan yang seolah meremehkan, menertawakan, ataupun seperti tidak senang kepada anda. tentu nyali anda akan semakin menurun dan rasa gugup pun semakin menyelimuti anda. Namun, perlu di ingat bahwa tidak semua orang yang ada di hadapan anda memandang dengan tatapan yang seperti itu. Pasti ada orang yang akan menatap anda secara antusias. Pasti ada orang yang menatap anda dengan senyuman serta menghargai anda sebagai pembicara. Lalu, bagaimana kita berinteraksi dengan para audiens/tamu undangan jika kita tidak menatap matanya secara langsung ? Cobalah untuk mengalihkan tatapan anda ke kening atau rambut lawan bicara anda. Meskipun terdengar sedikit konyol, tapi cara tersebut sangat efektif untuk menjaga rasa percaya diri anda agar tidak gugup. Dengan menatap bagian tersebut, anda tidak akan terlalu terpengaruh oleh ekspresi wajah dari lawan bicara anda. Dengan begitu, hal tersebut akan terlihat bahwa anda seolah sedang menatap secara langsung lawan bicara anda. cobalah hal tersebut, secara perlahan anda akan terbiasa untuk berani menatap lawan bicara anda.

6.      Gerakan Tubuh Anda dan Jaga Intonasi Suara Anda
 
Public speaking bukan hanya tentang apa yang akan kita bicarakan di hadapan publik. Tapi juga tentang bagaimana gerakan dari tubuh kita, dan cara bicara kita. Jika kita terlalu fokus terhadap apa yang akan kita bicarakan tanpa memperhatikan ekspresi / gerakan tubuh dan intonasi suara, maka kita akan kesulitan untuk mengatasi rasa gugup saat berada di depan banyak orang. kebanyakan orang yang gugup saat bicara di depan publik cenderung kaku, bicara cepat, dan tergesa-gesa. Untuk mengatasi hal tersebut memang perlu latihan secara rutin. Cobalah untuk latihan berbicara di depan cermin, ekspresikan gerakan tubuh anda sesuai dengan apa yang anda bicarakan. Jaga intonasi suara agar stabil, jangan berbicara terlalu cepat. Bicara lah dengan rileks dan tegas.

7.      Ingatlah kalimat Awal dan Akhir
 
Sebenarnya kita tidak perlu menghapalkan secara lengkap teks / materi yang akan kita utarakan di depan banyak orang. Hal tersebut memang bagus, namun jika kita terlalu fokus dengan cara tersebut maka kita tidak akan terbiasa berbicara di depan banyak orang secara mendadak. Bayangkan saja ketika kita sedang duduk santai, tiba-tiba kita mendapat kabar dari teman untuk memberikan sambutan dalam suatu acara. Tentu kita tidak mungkin untuk menghapal secara lengkap pada saat itu juga. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui inti dari topik yang akan kita bahas. Dalam hal ini, kita hanya perlu menyusun dan memikirkan kalimat-kalimat awal sebagai pembukaan dan kalimat-kalimat akhir sebagai penutup. tentunya dalam hal isi materi kita harus mengetahui poin-poin penting dari topik pembahasan. Jika kita mengetahui poin-poin penting dari topik pembahasan, maka saat membahas topik tersebut kita secara spontan akan mengembangkan poin-poin tersebut menjadi lebih detail.
Kebanyakan orang akan menilai cara bicara kita dari awal pembicaraan ataupun akhir pembicaraan. Oleh karena itu, kita perlu menyusun kalimat awal yang dapat menarik perhatian orang-orang sehingga membuat orang-orang menjadi penasaran dan ingin terus mendengarkan penjelasan dari kita. Dan untuk kalimat akhir, buatlah kesimpulan berupa poin-poin yang dapat memberikan kesan menarik kepada para audiens.

Bagaimana ? cukup mudah bukan?
Itulah beberapa tips mengenai cara mengatasi rasa gugup saat akan berbicara di depan publik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search