[Latest News][6]

Artikel menarik
Fisika
Kesehatan
Sains
Sejarah
Semua Tentang Mahasiswa
Teknologi
Tips dan trik
Tokoh
Umum

Monday, August 29, 2016

KAMPUNG KREATIF BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP


Kondisi lingkungan masyarakat perkotaan yang relatif padat tentu akan menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan hidup. Salah satu permasalahan lingkungan hidup yang kerap ada di masyarakat perkotaan adalah kurangnya pemahaman masyarakat dalam menata dan menjaga lingkungan hidup sekitar. Tak heran, banyak masyarakat yang masih membuang sampah tidak pada tempatnya. Apabila hal tersebut terus di biarkan tanpa adanya upaya, maka permasalahan lingkungan hidup akan semakin bertambah. Oleh karena itu, perlu di adakan suatu tindakan yang dapat memberikan edukasi terkait solusi dari permasalahan-permasalahan lingkungan hidup yang ada di daerah perkotaan.

Salah satu lahan tidur yang ada di kelurahan Sukabungah

Adalah kami, para Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Lingkungan Hidup (LH) di kelurahan Sukabungah, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung yang pada pelaksanaannya menemukan temuan-temuan dan berbagai permasalahan lingkungan hidup yang ada di kelurahan Sukabungah. Adapun salah satu permasalahan lingkungan hidup yang ada di kelurahan Sukabungah adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup. Hal tersebut terlihat dari keadaan lingkungan yang kurang terawat, banyak sampah yang berserakan disekitar rumah warga, dan tentunya banyak lahan kosong/tidur yang digunakan warga untuk membuang sampah. Tentunya, lahan-lahan kosong tersebut merupakan salah satu temuan bagi kami untuk di optimalkan dalam kegiatan lingkungan hidup. 

Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, pada tanggal 21 Juli 2016, kami kelompok Mahasiswa KKN Tematik Lingkungan Hidup Universitas Pendidikan Indonesia  kelompok kelurahan Sukabungah bekerjasama dengan kelompok Mahasiswa KKN Tematik Lingkungan Hidup UPI Kelurahan Sukagalih yang sama-sama berada di daerah Kecamatan Sukajadi,  Kota Bandung. Atas dasar rekomendasi dari dosen pembimbing lapangan, Kami mengadakan kegiatan “Penyuluhan Lingkungan Hidup” dengan tema “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat melalui Urban Farming dan kebersihan Lingkungan Hidup” di aula kantor Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Acara tersebut merupakan suatu bentuk Inovasi daerah sebagai upaya untuk merealisasikan Kampung Kreatif Berbasis Lingkungan Hidup sekaligus merupakan kabar baik bagi warga masyarakat Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung karena dengan diadakannya penyuluhan lingkungan hidup, masyarakat dapat mendapatkan pemahaman mengenai cara menjaga lingkungan hidup, salah satunya adalah dengan Urban Farming.

Drs. Yudy Hermawan sedang memberikan sambutan dalam acara penyuluhan LH

Pada pelaksanaanya, acara ini berlangsung dengan lancar. Adapun yang menjadi pemateri pada acara penyuluhan lingkungan hidup adalah Prof. Dr. Wanjat Kastolani, M. Pd. Selaku dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN Tematik LH UPI  Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung 2016. Acara penyuluhan lingkungan hidup diawali dengan sambutan dari Drs. Yudy Hermawan selaku camat Sukajadi, dihadiri oleh lurah kelurahan Sukabungah dan lurah kelurahan Sukagalih, serta dihadiri oleh beberapa intansi terkait dari kedua kelurahan seperti para ketua RW, kelompok PIPPPK, dan Karang Taruna.

Prof. Dr. Wanjat Kastolani, M. Pd. sedang memberikan pematerian dalam acara penyuluhan LH

Dengan diadakannya kegiatan penyuluhan lingkungan hidup yang secara garis besar memberikan edukasi terkait urban farming, para aparat yang ada di masyarakat diharapkan dapat memulai estafet transformasi pengetahuan mengenai lingkungan hidup kepada warga masyarakat. Secara spesifik, para aparat diharapkan dapat memanfaatkan lahan kosong/tidur yang ada di daerahnya masing-masing untuk di optimalkan dalam kegiatan urban farming.

Sesi tanya jawab pada acara penyuluhan LH

Setelah penyampaian materi dari pembicara, dengan dipandu oleh moderator peserta penyuluhan diperkenankan untuk menanyakan pertanyaan seputar lingkungan hidup kepada pemateri. Para tamu undangan pun terlihat begitu antusias dalam acara penyuluhan lingkungan hidup, hal tersebut terlihat dari beberapa tamu yang bertanya seputar permasalahan lingkungan hidup dan urban farming kepada Prof. Dr. Wanjat Kastolani, M. Pd. selaku pemateri penyuluhan lingkungan hidup.

Membersihkan lahan tidur dari sampah dan puing-puing bangunan

Pada pasca kegiatan Penyuluhan Lingkungan Hidup, kami mahasiswa KKN LH UPI kelompok Sukabungah melaksanakan kegiatan “Urban Farming” di  RW 04 kelurahan Sukabungah bersama karang taruna dan warga masyarakat yang terlibat. Tentunya, kami telah mendapatkan edukasi tekait urban farming. Kegiatan dimulai dengan membersihkan lahan kosong / tak terpakai yang dipenuhi oleh sampah dan puing-puing sisa bangunan.

Membuat udukkan tanah untuk media tanam

Menanam tanaman produktif bersama warga masyarakat kelurahan Sukabungah

Setelah lahan bersih, kami membuat undukan tanah sebagai media yang nantinya akan di tanami oleh bebagai bibit tanaman produktif. Terbantu dengan hujan yang turun, tanah yang sudah dibuat undukkan terbasahi sehingga memudahkan penanaman setelah hujan reda. Beberapa bibit yang belum tertanam diberikan secara cuma-cuma kepada warga yang berpartisipasi dalam penanaman untuk kemudian ditanam kembali di wilayah rumah masing-masing. Setelah penanaman rampung, kami memafaatkan pecahan genting untuk dijadikan alas pijakan di antara undukkan. Walaupun sederhana, pecahan genting yang disusun memberikan kontribusi keindahan dari segi dekorasi. Hari-hari selanjutnya kami mengontrol secara berkala karena lokasi Urban Farming sudah dijaga dan dirawat oleh warga setempat yang tempat tinggalnya dekat dengan lokasi tersebut.

Hasil kegiatan Urban Farming

Dengan terlaksananya kegiatan Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kegiatan Urban Farming, para warga masyarakat mendapatkan edukasi terkait pemeliharaan lingkungan hidup yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan melakukan kegiatan pertanian di daerah perkotaan, yakni kegiatan Urban Farming. Kegiatan tersebut merupakan  salah satu upaya untuk merealisasikan Kampung Kreatif Berbasis Lingkungan Hidup demi menjadikan Indonesia sebagai Negara yang berbasis lingkungan hidup dan tentunya Untuk Indonesia yang lebih baik lagi.


Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

1 comment:

Start typing and press Enter to search