[Latest News][6]

Artikel menarik
Fisika
Kesehatan
Sains
Sejarah
Semua Tentang Mahasiswa
Teknologi
Tips dan trik
Tokoh
Umum

Saturday, August 30, 2014

7 Benda yang dibutuhkan Mahasiswa Kost


Beberapa hal yang terbersit dibenak kita kala mendengar kata “Mahasiswa” salah satunya adalah seorang pelajar yang sedang duduk dibangku kuliah / di perguruan tinggi, golongan terpelajar yang tingkatannya lebih tinggi dari pada siswa, atau lebih akrab disebut agent of change. Mahasiswa dan siswa jelas berbeda. Penambahan  kata “Maha” menjadi salah satu pembeda yang mengartikan tingkatan yang lebih tinggi daripada siswa dan tentu semakin tinggi tingkatannya, maka semakin besar pula tanggung jawabnya. 

Jika dilihat dari segi kebutuhannya, tentu Mahasiwa memiliki kebutuhan yang berbeda atau lebih banyak daripada siswa. Apa saja kebutuhan Mahasiswa ? simaklah artikel ini sampai selesai.
Berikut ini adalah Benda-benda yang diperlukan oleh Mahasiswa selain dari seperangkat alat tulis, buku-buku, pakaian dan berbagai hal lainnya yang bersifat pokok.

 7 Benda yang dibutuhkan Mahasiswa Kost :

1.      Laptop



Alasan saya menempatkan laptop diurutan pertama selain karena perkembangan zaman adalah karena hampir setiap mahasiswa memiliki perangkat yang disebut laptop. Meskipun tidak semua memiliki, namun saya yakin, setiap Mahasiswa pasti sangat membutuhkan perangkat yang satu ini sebagai sarana informasi dan komunikasi, terlebih lagi untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. The most needed thing.

Mahasiswa cenderung lebih aktif menggunakan laptop untuk berbagai macam keperluan seperti mengerjakan tugas tugas kuliah, browsing, dan untuk hiburan. Ditambah lagi, hampir setiap Universitas/Institut menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis. Sayangkan kalau fasilitas yang disediakan kampus tidak dimanfaatkan secara optimal ! Belum lagi uang kuliah sekarang kan semakin mahal.! (eh kok malah curhat. Hehe).

Selain itu, hampir setiap dosen mengoptimalkan laptop sebagai alat untuk menunjang proses perkuliahan yang lebih baik. Salah satunya dengan metode pembelajaran yang bersifat presentatif.

Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Harris Poll untuk AMD pada bulan mei 2014 kepada para Mahasiswa di Amerika dari rentang usia 18 – 26 tahun, mengungkapkan bahwa laptop sebagai perangkat yang mereka gunakan dengan presentasi 85 persen Mahasiswa memilikinya, hasil survey tersebut melampaui pemilik smartphone dan dua kali lebih banyak dari tablet.

2.      Handphone / Smartphone / Tablet



Diurutan kedua, saya menempatkan Handphone sebagai perangkat yang dibutuhkan oleh Mahasiswa. Alasannya sederhana, selain dari tuntutan perkembangan zaman, tentu Mahasiswa membutuhkan Handphone sebagai sarana komunikasi dan informasi. Ditambah lagi hampir setiap orang memiliki handphone / smartphone. Dari yang muda sampai yang tua semua punya Handphone. Baik itu untuk sekedar menelepon dan mengirim sms saja, browsing, chatting, gaming bahkan ada yang untuk sekedar gaya saja tanpa mengoptimalkan berbagai keunggulan lain yang dimiliki smartphone. Bahkan, smartphone saya  kalah canggihnya sama smartphone punya anak SD loh ! ( lah… malah curhat lagi).

3.      Flashdisk / Hard disk external


Selain dari laptop dan smartphone, mahasiswa pada umumnya selalu membawa alat yang satu ini ketika pergi ke kampus. Fungsinya tentu untuk menyimpan data, baik itu tugas-tugas kuliah, file-file yang bersifat akademik maupun nonakademik, bahkan utuk sekedar saling berbagi koleksi film, game ataupun manga dan anime. Hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa.

 ketika menjadi mahasiswa, kita tidak akan kesulitan untuk menemukan teman yang menyukai anime dan tentunya mereka memiliki koleksi manga dan anime yang beragam. (kebanyakan curhat :v). Bagi mahasiswa yang tidak memiliki mesin printer, flashdisk menjadi perangkat yang sangat diperlukan untuk menyimpan data / tugas-tugas kuliah yang harus segera di print-out.

4.      Gallon


Berikutnya adalah gallon. Sesuatu yang berhubungan dengan air tentu sangat penting. Kenapa harus gallon ? kenapa tidak beli air mineral kemasan 1,5 Liter saja ? alasannya adalah untuk lebih menghemat pengeluaran uang.  Gallon sangatlah penting khususnya bagi mahasiswa rantau atau lebih akrab di sapa mahasiswa kost. Bayangkan saja jika kita tidak memiliki benda ini. Harga air mineral kemasan 1,5 L berkisar Antara Rp. 3000 -  5000 , sedangkan untuk isi ulang air gallon yang kapasitasnya sekitar 18 Liter kita hanya perlu mengocek uang sebesar Rp. 5000. Meskipun tidak semua memiliki, tapi ini akan lebih menghemat pengeluaran uang. so, pilih beli gallon atau air mineral kemasan botol ?

5.      Modem


Meskipun sebagian besar mahasiswa memiliki smartphone yang memiliki keunggulan untuk tethering / hotspot wi-fi portable, namun nyatanya masih banyak yang lebih memilih menggunakan modem agar laptopnya bisa terkoneksi ke internet. Salah satu penyebabnya mungkin karena paket-paket internet yang disediakan oleh operator /provider berbeda-beda sehingga paket internet untuk modem tentu akan lebih optimal untuk digunakan di laptop ketimbang paket internet yang dikhususkan untuk smartphone. Lain hal dengan mahasiswa yang di kostan / rumahnya ada wi-fi, mungkin modem tidak akan terlalu diperlukan. Apalagi jika mahasiswa yang kostannya sangat dekat dengan kampus, tentu akan lebih bersahabat dengan wi-fi yang disediakan oleh kampus. Hehe

6.      Printer


Di urutan ke-enam, saya menempatkan mesin printer sebagai alat yang paling dibutuhkan mahasiswa. Meskipun tidak semua mahasiswa memilikinya, namun alat ini sangat membantu untuk memudahkan para mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugasnya yang harus di print-out, terlebih lagi bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsinya, it’s really importan thing. Selain lebih memudahkan dalam mengerjakan tugas yang harus di print-out, memiliki mesin printer sendiri tentu akan lebih menghemat pengeluaran uang dan waktu, Time is money.

7.      Rice Cooker



Terakhir adalah rice cooker atau lebih akrab di sapa magic com, meskipun sebagian besar yang memiliki benda ini adalah mahasiswa akhwat (perempuan), namun tak ada salahnya bagi mahasiswa ikhwan (laki-laki) untuk mempunyai benda ini.
pada umumnya, mahasiswa lebih memilih makan di warteg karena lebih murah dan harganya lebih ekonomis, namun akan lebih baik jika kita lebih menghemat lagi pengeluaran uang untuk makan. salah satunya dengan mempunyai rice cooker di kostan. Kita hanya perlu membeli lauk pauk saja di warteg sementar untuk nasinya, kita bisa menanak nasi sendiri lewat rice cooker. Tentu akan lebih menghemat pengeluaran bukan !



Terlepas dari itu semua,  mungkin masih banyak benda-benda lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa kost untuk setiap jurusan yang berbeda. namun secara garis besar, setiap mahasiswa kost pada umumnya membutuhkan benda-benda tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.
Sekian artikel dari saya mengenai 7 benda yang dibutuhkan mahasiswa kost. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Semoga artikel ini dapat membantu khususnya bagi para pembaca .
Terima kasih telah berkunjung ^_^





No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search