[Latest News][6]

Artikel menarik
Fisika
Kesehatan
Sains
Sejarah
Semua Tentang Mahasiswa
Teknologi
Tips dan trik
Tokoh
Umum

Saturday, March 15, 2014

Otak Manusia Bisa Kendalikan Aplikasi Musik

Otak Manusia Bisa Kendalikan Aplikasi Musik Lewat Sistem Berbasis EEG

Bismillah...

Seiring dengan perkembangan teknologi di zaman yang serba modern ini. Banyak sekali hal-hal baru yang ditemukan oleh para ilmuwan. Dan kali ini rupanya  Para ilmuwan mengembangkan teknologi yang memungkinkan seseorang untuk dapat mengendalikan aplikasi musik dengan otaknya. Seperti apakah teknologi tersebut ? . Simak saja artikel yang berjudul "Otak Manusia Bisa Mengendalikan Aplikasi Musik" ini.















CALIFORNIA - Peneliti University of Malta mengembangkan teknologi yang memungkinkan seseorang untuk mengendalikan aplikasi pemutar musik dengan gelombang otak.

Dilansir Ubergizmo , Selasa (4/2/2014), sains mencoba masuk ke aktivitas elektrik pada otak manusia. Dengan demikian, seseorang yang menderita kelumpuhan pada anggota badan masih tetap bisa melalukan aktivitas secara mandiri.

Peneliti University of Malta mengembangkan proyek yang mereka namakan sistem berbasis EEG. Sistem ini mampu mendeteksi (Steady State Visually Evoked Potentials (SSVEP) sebagai bagian respon terhadap aktivitas pengguna yang memeriksa tombol yang menyala pada layar.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol pemutar musik menggunakan gelombang otak mereka. SSVEP terkait dengan sinyal elektrik yang diproduksi oleh otak dalam respon terhadap kedipan lampu pada frekuensi tertentu. Peneliti mengatur dengan melibatkan layak komputer yang menampilkan sejumlah kotak. Masing-masing kotak ini bisa menyala dengan frekuensi yang berbeda-beda.

Apabila seseorang berfokus pada satu lampu di satu kotak, ini memungkinkan pengguna menghasilkan SSVEP khusus yang bisa ditangkap oleh EEG. Mendeteksi SSVEP yang sesuai akan memungkinkan sistem untuk mengaktifkan tombol pemutar musik yang relevan.

Sumber : http://m.okezone.com/read/2014/02/04/56/935928/otak-manusia-bisa-kendalikan-aplikasi-musik

No comments:

Post a Comment

Start typing and press Enter to search